Mochamad IYP Widayat
 
fans on facebook
Posting Lainnya
Tags
Rekomendasi link
Alexa Rank

9 Pertanyaan interview yang penuh jebakan

9 Pertanyaan interview yang penuh jebakan
Dalam proses perekrutan pegawai, setiap perusahaan membutuhkan beberapa tahapan untuk melakukan seleksi bagi pelamar pekerjaan, pada umumnya tahapan test tertulis, interview, test kesehatan (kalau ada). Tidak sedikit pula dari calon karyawan yang telah lulus dalam test tertulis, tetapi gagal dalam tahap interview atau wawancara.
Seringkali pertanyaan yang muncul ketika proses wawancara mengandung makna yang berbeda, sehingga belum tentu jawaban benar menurut kita benar pula menurut pewawancara. Berikut beberapa daftar pertanyaan yang mungkin merupakan jebakan dalam sebuah proses wawancara:
  1. Mengapa kami harus mempekerjakan Anda?
    Ini peluang Anda untuk “menjual” diri Anda. Uraikan dengan singkat dan jelas kelebihan yang Anda miliki, kualifikasi Anda dan apa yang dapat Anda sumbangkan bagi perusahaan tersebut. Hati-hati , jangan memberikan jawaban yang terlalu umum. Hampir setiap orang mengatakan mereka merupakan seorang pekerja keras dan memiliki motivasi. Berikanlah jawaban yang memperlihatkan keunikan yang Anda miliki.
  2. Mengapa tertarik bekerja di perusahaan ini?
    Pertanyaan ini merupakan salah satu alat bagi si pewawancara untuk mengetahui apakah Anda mempersiapkan diri anda dengan baik. Jangan pernah datang untuk sebuah wawancara pekerjaan tanpa mengetahui latar belakang perusahaan. Dengan memiliki informasi yang cukup mengenai latar belakang perusahaan tersebut maka pertanyaan di atas memberikan kesempatan kepada Anda untuk memperlihatkan inisiatif, dan menunjukkan apakah pengalaman serta kualifikasi yang Anda miliki sepadan dengan posisi yang diperlukan.
  3. Apa kelemahan utama Anda?
    Rahasia dalam menjawab pertanyaan di atas adalah dengan berkata jujur mengenai kelemahan Anda, tapi jangan lupa menjelaskan bagaimana Anda mengubah kelemahan tersebut menjadi kelebihan. Misalnya, bila Anda memiliki masalah dengan perusahaan terdahulu, perlihatkan langkah yang Anda ambil. Hal ini memperlihatkan bahwa Anda memiliki kemampuan dalam mengenali aspek yang perlu diperbaiki dan inisiatif dalam memperbaiki diri Anda.
  4. Mengapa berhenti dari perusahaan terdahulu?
    Walaupun Anda berhenti dari pekerjaan terdahulu dengan cara yang tidak baik, Anda harus berhati-hati dalam memberikan jawaban. Usahakan untuk memberikan jawaban yang diplomatis. Bila Anda memberikan jawaban yang mengandung aspek negatif, kompensasikan jawaban tadi dengan jawaban yang positif. Bila anda mengeluhkan tentang pekerjaan terdahulu, maka hal ini tidak memberi poin apa-apa buat Anda.
  5. Bagaimana Anda mengatasi masalah?
    Tidak mudah memberikan jawaban bila Anda mendapatkan pertanyaan seperti di atas, terutama bila Anda baru lulus dan tidak memiliki pengalaman kerja. Pewawancara ingin melihat apakah Anda dapat berpikir kritis dan mengembangkan solusi tanpa melihat jenis permasalahan yang Anda hadapi, bahkan walaupun Anda tidak memiliki waktu yang cukup dalam mengatasi masalah yang dihadapi. Gambarkan langkah-langkah yang Anda lakukan dalam memprioritaskan pekerjaan. Hal ini memperlihatkan bahwa Anda bertanggungjawab dan tetap dapat berpikir jernih walaupun sedang menghadapi masalah.
  6. Prestasi apa yang dibanggakan?
    Rahasia dari pertanyaan di atas adalah dengan menyeleksi dan memilih secara spesifik prestasi yang berhubungan dengan posisi yang sedang ditawarkan. Walaupun Anda pernah menjuarai bola basket pada waktu kuliah, tetapi ini bukan merupakan sebuah jawaban yang diharapkan. Berikan jawaban yang lebih profesional dan lebih relevan. Pikirkan kualifikasi yang dibutuhkan oleh perusahaan tersebut dan kembangkan contoh yang memperlihatkan bagaimana Anda dapat memenuhi kebutuhan perusahaan.
  7. Berapa gaji yang Anda harapkan?
    Pertanyaan ini merupakan pertanyaan yang tersulit terutama bagi mereka yang tidak memiliki pengalaman kerja yang cukup.Yang perlu Anda lakukan sebelum wawancara adalah mencari tahu pasaran gaji untuk posisi yang ditawarkan agar Anda dapat memberikan jawaban atas pertanyaan ini. Beritahu pewawancara bahwa Anda terbuka untuk membicarakan mengenai kompensasi bila saatnya tiba. Bila terpaksa, berikan jawaban yang berupa kisaran angka, bukan angka tertentu.
  8. Bisa ceritakan mengenai diri Anda?
    Mungkin pertanyaan di atas tampaknya mudah tetapi pada kenyataannya tidaklah semudah yang Anda bayangkan. Yang pasti Anda harus menyadari bahwa pewawancara tidak tertarik untuk mengetahui apa yang Anda lakukan di akhir pekan ataupun dari daerah mana Anda berasal. Pewawancara berusaha mengetahui Anda secara profesional. Siapkan dua atau tiga poin mengenai diri Anda, baik pengalaman kerja maupun sasaran karir Anda dan tetap konsisten. Rangkum jawaban Anda dengan mengungkapkan keinginan Anda sebagai bagian dari perusahaan tersebut. Bila memiliki jawaban yang mantap maka hal ini dapat membawa Anda pada pembicaraan yang memperlihatkan kualifikasi Anda.
  9. Apakah anda memiliki pertanyaan lainnya?
    Jika anda memiliki pertanyaan dari pengalaman ketika interview selain 8 pertanyaan diatas, anda dapat menambahkannya dalam komentar.
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Minggu, 26 Juni 11 - 12:53 WIB
Dalam Kategori : ARTIKEL, INTERVIEW, TIPS DAN TRIK, PENGETAHUAN, INFORMASI
Dibaca sebanyak : 2119 Kali
Rating : 3 Bagus, 0 Jelek
Mochamad IYP WidayatMochamad IYP Widayat · satu orang dah kasih bintang..sok sapa lagi yang mau kasih..?? tapi lamun bisa mah cikopi weh ulah bintang.. LOL  LOL  LOL 
Diposting pada : Minggu, 26 Juni 11 - 13:02 WIB
Leonardi Paris HLeonardi Paris H · Tertawa  oceh kang kapan2 nyak . . .
Diposting pada : Minggu, 26 Juni 11 - 13:04 WIB
Mochamad IYP WidayatMochamad IYP Widayat · matakna lamun kumpul kampuser teh datang geura..pan eta teh ajang admin nraktir kopi buat member dan usser..dibayaran ku kang Jurig sareng kang Tito Berguling di lantai 
Diposting pada : Minggu, 26 Juni 11 - 13:07 WIB
Mochamad IYP WidayatMochamad IYP Widayat · meunang dua cenah bintangna ..kamari teh maca aya sayembara di "wawan cofee cafe" lamun meunang bintang 5 bisa dituker ku kopi sagelas Kopi  .. sugan weh meunang loba bintangna ngarah bisa bagi2 kopi.. Bersiul 
Diposting pada : Minggu, 26 Juni 11 - 13:11 WIB
Tito SeptianTito Septian · halah Tertawa 
Diposting pada : Minggu, 26 Juni 11 - 13:58 WIB
Mochamad IYP WidayatMochamad IYP Widayat · kalahkah seuseurian.. Terkejut  lain ngalungkeun bintang
Diposting pada : Minggu, 26 Juni 11 - 13:59 WIB
Tito SeptianTito Septian · apan atos dibasa eta keneh ai bintang mah Senyum Lebar 
Diposting pada : Minggu, 26 Juni 11 - 14:00 WIB
triyana suryakusumah g.triyana suryakusumah g. · Tertawa 
Diposting pada : Minggu, 26 Juni 11 - 14:18 WIB
Jurig Sapedah 199Jurig Sapedah 199 · teu miluan ah urang mah,,,wahahahha Berguling di lantai 
Diposting pada : Senin, 27 Juni 11 - 17:18 WIB
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback